Tips untuk laptop yang sering bermasalah

September 6, 2018

Sering sekali sebagian besar orang mengeluhkan mengapa laptop mereka rusak. Itu karena mereka tidak tahu cara merawat laptop mereka. Mereka hanya bisa menggunakan laptop mereka tanpa tahu cara merawat laptop itu. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda untuk membaca artikel ini.

Tujuannya supaya Anda bisa merawat laptop Anda dan laptop Anda pun tidak mudah rusak sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama. Apa saja cara-cara merawat laptop yang baik ?

 

Cara Merawat Laptop #1. Jangan Bermain Game Berat Terlalu Lama

 

Bermain game berat secara terus-terusan merupakan penyebab paling banyak dari kerusakan laptop. Kalau hanya main Farm Frenzy mau main sampai mata ‘ngeriyep’ sih gak ada masalah. Yang jadi masalah itu kalau dipakai untuk bermain game-game berat, seperti GTA V, Watch Dogs, dsb dalam interval yang cukup lama.

Udah spek pas-pasan, dipaksa main game berat, mainnya lama pula. Kasihan itu laptop. Lantas, apa yang terjadi ? Laptop akan mengalami overheat. Dimana kalau hal ini dibiarkan terus-menerus terjadi, maka akan mengakibatkan kegosongan pada hardware laptop.

 

Cara Merawat Laptop #2. Jauhkan Dari Sesuatu yang Basah

Laptop itu barang elektronik. Jadi ya sangat anti dengan yang namanya air, terlebih pada air yang mengandung mineral. Soalnya kalo terkena air yang ada kandungan mineralnya bakal korosi pada bagian-bagian tertentu. Kalau tingkat korosinya banyak, laptop Anda akan rusak. Tukang servis bakal angkat tangan.

Makanya, ketika menggunakan laptop, jauhkan dari barang-barang yang ‘basah’. Takutnya basah-basah itu tadi tumpah, kena laptop, terus airnya masuk ke bagian dalamnya. Terlihat sepele tetapi sangat berbahaya bagi kondisi laptop.

Karena jika laptop terkena air, maka akan sulit untuk memperbaiki laptop tersebut, apalagi jika kadar air yang masuk ke dalam laptop tersebut cukup banyak.

 

Cara Merawat Laptop #3. Jangan Dipakai diatas Kasur

Ni nih yang menjadi kebiasaan banyak orang. Menaruh laptop diatas kasur sembari digunakan dapat menghambat sirkulasi udara di dalam laptop. Juga jika kita masih memakai kasur bahan kapuk, maka bisa dipastikan fan cpu nya akan menjadi sangat berdebu. Akibatnya hardware daleman akan overheat dan seperti yang saya katakan tadi, bisa berakibat kegosongan.

ini juga jika laptop Anda dipakai di atas kasur atau di atas tempat-tempat yang tidak datar (menghambat keluarnya udara), maka udara panas yang dihasilkan oleh laptop tersebut tidak bisa keluar dan mengganggu kinerja perangkat keras dari laptop itu sendiri dan bisa membuat perangkat keras itu rusak. Entah bagaimana caranya menghindari pemakaian di kasur secara permanen. Soalnya saya sendiri juga suka begini. Pemikiran “halah-sekali-sekali” menjadi pegangan setiap saya makai laptop diatas kasur. Tapi “halah-sekali-sekali” ini kalau jadi berkali-kali juga akan merusak laptop.

Mungkin gambar dibawah ini jadi ide dan altenatif:

 

 

 

 

Please reload

Recent Posts

Please reload

Archive

Please reload

Tags

Please reload

 

Address

Jl. Gatot Subroto, No.10 -11, Jambi 36123, Indonesia

Contact

Servis PC, PRINTER : (0741)32088, WA / SMS: 0851-0307-0611

Email                         : itservis@elevenkomputer.com

Servis LAPTOP         : (0741)7554611 WA/SMS: 0851-0011-4044

Fax                            : (0741)25716

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now